banner 728x250

Musim Pancaroba, Ketua DAD Sanggau Himbau Masyarakat Waspada

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SANGGAU seputarkapuas.id,
Mengingat saat ini memasuki musim pancaroba, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot menghimbau kepada seluruh masyarakat adat dayak untuk berhati-hati dalam melakukan aktivitas khususnya membakar hutan dan lahan.

“Artinya harus berhati-hati agar apa yang kita lakukan tidak berakibat panjang sehingga membuat persoalan baru dan menimbulkan masalah asap yang akan menggangu kenyamanan lingkungan wilayah Kabupaten Sanggau secara khusus, Kalbar dan Indonesia secara umum,”katanya, belum lama ini.

Selain itu, Pria Yang juga Wakil Bupati Sanggau itu mengimbau untuk tidak melakukan aktivitas mengambil ikan dengan cara menuba, Tapi harus dengan cara kearifan lokal sehingga biota-biota yang ada didalam sungai tidak mati semua.

“Jadi dengan cara yang menggunakan kearifan lokal tentu tidak sporadis dalam mengambil  ikan di sungai,”ujarnya.

Selain itu, Ontot juga berharap ada kerjasama masyarakat adat dayak dengan pihak-pihak pemerintah untuk berkoordinasi ketika ada hal-hal yang dianggap perlu dan dianggap menggangu ketertiban dan keamanan di daerah.

“Sehingga bersama dengan pemerintah dan masyarakat adat kita bersama untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan daerah  Kabupaten Sanggau,”tegasnya.

Kemudian, nanti juga akan dibuat baliho yang akan dipajangkan di setiap kecamatan sebagai sebuah peringatan agar tetap berhati-hati dalam menghadapi musim pancaroba,”Ujarnya.

Laporan : Adi Noyan

  • Bagikan