banner 728x250

Singkronkan DTKS Ke Aplikasi SIDOMPU, DinsosP3AKB Gelar Rakor

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SANGGAU seputarkapuas.id,
Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Sanggau bersama Camat,Kades serta pihak terkait lainnya menggelar rapat koordinasi data terpadu kesejahteraan sosial ( DTKS) dan sistem infomasi data kemiskinan terpadu (SIDOMPU) kabupaten Sanggau diaula kantor camat kapuas selasa pagi (16/3/2021).

Kabid PSFM DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau Valentinus Sudarto menjelaskan kegiatan ini dibagi menjadi tiga Zona yaitu: Zona satu terdiri dari Kecamatan Kapuas, Parindu, Bonti, Jangkang dan Mukok yang dilaksanakan Pada hari Selasa 16 Maret 2021 di Kantor Camat Kapuas. Zona dua terdiri dari Kecamatan Kembayan, Beduai, Noyan, Sekayam dan Entikong yang dipusatkan di Kantor Camat Beduai pada Hari Kamis 18 Maret 2021, sedangkan Zona tiga terdiri dari Kecamatan Tayan Hulu, Meliau, Balai, Tayan Hilir dan Toba yang dipusatkan di Kantor Camat Tayan Hilir pada hari Selasa 23 Maret 2021.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau Aloysius Yanto menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS) Dan Sistem Infomasi Data Kemiskinan Terpadu Kabupaten Sanggau ini kita lakukan berkaitan dengan perbaikan data DTKS dan penerimaan bantuan sosial baik itu BPNT/Sembako, PKH, BST dan Bantuan Sosial lainnya.

“Hari ini kita rakor dalam rangka singkronisasi data-data penerima manfaat bantuan sosial dari berbagai jenjang dan jenis dengan tujuan data DTKS Kabupaten Sanggau bisa terverifikasi tervalidasi sehingga menghasilkan data yang akurat,”Kata Yanto usai memimpin rakor Selasa Siang.

Yanto menyebut pihaknya juga berharap dukungan dari pemerintah desa dan kecamatan bisa maksimal, bersenergi bisa berupa teknis, sarana-prasarana maupun pinansial yang sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga dengan adanya dukungan program maupun aplikasi Sidompu dan Verifikasi dan validasi ini dapat berjalan dengan sukses.

Sebagai peserta Camat Parindu Darmikus Heri, berharap dengan adanya rapat koordinasi berkaitan dengan pelaksanaan  program Sidompu, sehingga kita tahu semua apa yang dimaksud dengan Sidompu ini sehingga kita tahu bagaimana proses pendataan bagi warga masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Sanggau ini betul-betul terlaksana dengan baik.

Kita juga berharap bahwa program Sidompu ini menjadi induk atau bank data yang valid terutama untuk data warga masyarakat miskin yang bisa menjadi acuan untuk proses penerimaan bantuan-bantuan kedepannya dari Pemerintah, dan tentu terintegrasi, terkoneksi dengan data DTKS kita. Sehingga kelaknya program Sidompu ini sudah berjalan dengan baik dapat memperbaiki data DTKS kita, sehingga kedepannya bantuan kita betul-betul tepat sasaran. Dan pada hari ini juga kita bersama kepala desa untuk mendukung program Sidompu ini dalam menghasilkan data kemiskinannyang valid di Kabupaten Sanggau ini.

Rilis Dinsos P3AKB Kab.Sanggau

  • Bagikan