banner 728x250

Wakil Bupati dan Raja Sanggau Ziarah ke Makam Pendiri Kota Sanggau di Desa Mengkiang

SANGGAU seputarkapuas.id,
Dalam rangka menyambut hari jadi ke-405 Kota Sanggau, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot mewakili Pemerintah Kabupaten Sanggau melakukan ziarah ke makam raja Sanggau di Desa Mengkiang Kecamatan Kapuas, Selasa (23/3). Ikut mendampingi Wakil Bupati Yohanes Ontot yakni Pangeran Ratu Surya Negara H. Gusti Arman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sanggau Sudarsono, Kasat Pol PP Sanggau Viktorianus, para tokoh lintas etnis dan budaya di Sanggau serta masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan sebagai orang Sanggau sewajarnyalah menghormati dan menghargai perjuangan yang dilakukan para pendahulu, termasuklah raja Sanggau ini. Karena berkat mereka Kabupaten Sanggau ada.
“Sanggau ini ada karena mereka. Sepantasnyalah kita menghormati mereka yang telah berjuang menjadikan Sanggau seperti saat ini,” ujar Ontot.

Sementara itu, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman menceritakan sedikit sejarah Sanggau kepada mereka yang berziarah.
“Sultan Ayub yang dimakamkan di Mengkiang ini atas permintaannya sendiri. Beliau inilah salahsatu pendiri Masjid Jamik Sultan Ayub yang ada di lingkungan Kantuk. Beliau inilah yang pertama menjadi Sultan di Sanggau yaitu anaknya Babai Cinga dan Daranante. Inilah kisahnya. Jadi ada tiga Sultan yang ada disini, hijrahnya langsung ke muara kantuk,” cerita Raja Sanggau itu.

Dengan diperingatinya hari jadi ke-405 Kota Sanggau, Gusti Arman berharap seluruh masyarakat Sanggau kembali mengingat sejarah bagaimana berdirinya Sanggau. Dengan memahami bagaimana sejarah Sanggau diharapkan makin mencintai Sanggau.

Laporan : Adi Noyan