banner 728x250

Didampingi Wabup , Raja Sanggau Ikuti Ritual Balek Angin

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SANGGAU seputarkapuas.id
Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot bersama Raja Sanggau Gusti Arman mengikuti ritual adat “Balek Angin” di Tembawang Balek Angin, Desa Lintang Kapuas, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar Kamis (25/3/2021).Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke 405 Kota Sanggau.

Dengan mengusung tema “Aku dompumu, kamu dompuku, kita orang  Sanggau satu cita maju bersama”, kegiatan ritual adat tersebut dilaksanakan di Tembawang Balek Angin, Desa Lintang Kapuas, Kamis (25/3/2021).

Sejumlah tokoh hadir dalam kegiatan sakral tersebut diantaranya Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau, Kepala OPD Kabupaten Sanggau dan masyarakat Desa Lintang Kapuas.

Dalam sambutannya dihadapan warga yang menghadiri ritual adat balek angin, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan terkait dengan peringatan hari jadi ke-405 Kota Sanggau kita melakukan kilas balik kepada para leluhur kita.

“Terutama kepada mereka-mereka yang kita anggap berjasa dalam bagaimana perkembangan Sanggau sejak awal mereka lakukan dengan situasi yang memang mereka alami saat itu,” Ungkap orang nomor dua di sanggau ini.

Tentu hal tersebut tidak terlepas dari mereka-mereka inilah, oleh karena itu semua kerabat dari keluarga besar Nenek Siot ini (istri raja) pada hari ini kita berkumpul dan kita mengingat beliau dan di sinilah tempat asalnya.

Lanjut Wabup, Yohanes Ontot bahwa tadi kita lakukan ritual adat yang dilakukan oleh para pemomang kita.
“Nenek Siot (istri raja) itu orang Dayak, tetapi setelah menjadi permaisuri atau istri raja namanya berubah menjadi Ratu Aisyah dan dia beragama Islam,” jelasnya.

Laporan : Alfian Kominfo SGU/ Adi Noyan

  • Bagikan