banner 728x250

Muslimat NU Sanggau Gelar Harlah ke-75

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SANGGAU seputarkapuas.id
Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) menggelar hari lahir ke-75 bertempat di aula Gedung BAZNAS jalan H. Abbas Kelurahan Ilir Kota, Minggu (28/3). Hadir dalam acara yang mengangkat tema ‘amalkan aswaja an nahdliyah, kuatkan ukhuwah wathaniyah’ tersebut, yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau, H.M. Taufik, Sekretaris PCNU Sanggau H.M. Yusuf, Wakil Rois Syuriah PCNU Sanggau Ustazd M. Tahrir, Ketua Muslimat NU Sanggau Ama Umami beserta Banom NU Sanggau, Ketua DPC PKB Sanggau Utin Sri Ayu Supadmi, dan tamu undangan lainnya.

Ketua panitia Hari lahir ke-75 Muslimat NU Kabupaten Sanggau Hj. Sri Rahayu dalam pidatonya menyampaikan Muslimat NU sudah berusia 75 tahun. Muslimat NU adalah badan otonom dari Jami’ah Nadhlatul Ulama yang didirikan 26 Rabiul akhir 1365 Hijriah bertepatan dengan 29 Maret 1946 masehi di Purwokerto. Muslimat NU berakidah islam ahlul sunnah wal jamaah mengikuti salah satu dari mazhab empat yakni Hanaffi, Hambali, Syafi’i dan Maliki.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, lanjut Sri Rahayu, Muslimat NU berazas dan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.
“Jadi, hari ini ada dua agenda yang kami lakukan. Pertama memperingati hari lahir dan kedua adalah rapat pleno pembentukan pengurus,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Muslimat NU Kabupaten Sanggau Ama Umami dalam sambutannya menyampaikan peringatan harlah Muslimat NU ini diperingati setiap tanggal 29 Maret.
“Tahun ini kami rayakan agak berbeda. Meskipun dalam suasana pandemi kami tetap melaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Kami sudah menyiapkan masker, juga hand sanitizer dan kursi untuk tamu kami atur supaya tidak ada yang terjangkit virus atau penyakit sejenis lainnya,” ujar istri Ketua PCNU Sanggau itu.

Melalui momentum peringatan Harlah ini, Ama Umami berharap kedepan Muslimat NU di Kabupaten Sanggau semakin eksis dan kompak serta mampu mewarnai kehidupan yang harmonis di Kabupaten Sanggau karena Sanggau adalah rumah kita yang harus kita jaga bersama-sama.

Sekretaris PCNU Sanggau H. M. Yusuf dalam sambutannya meminta Muslimat NU memperkuat keorganisasian.
“Artinya, kekuatan Muslimat itu harus sampai ke bawah, bukan hanya di pengurus cabang, tapi sampai ke anak cabang. Makanya saya berharap pengurus baru nanti segera bentuk Muslimat NU sampai ke anak Cabang. Kalau itu sudah terbentuk insyallah kita akan kuat,’ ungkap H.M. Yusuf.

Kemudian, M. Yusuf juga mengingatkan tentang perbaikan manajemen organisasi, termasuk administrasi.
“Karena Muslimat itu bukan organisasi kecil, tapi organisasi besar. Kalau NU itu organisasi yang mendunia, ada yang namanya pengurus cabang istimewa. Hampir setiap negara ada. Jadi, Muslimat NU ini organisasi besar. Oleh karena itu administrasinya harus bagus,” harapnya.

Diakhir acara, ditutup dengan pembacaan doa oleh Wakil Rois Syuriah PCNU Sanggau Ustazd M. Tahrir yang dilanjutnya dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Muslimat NU Ama Umami.

Laporan : Adi Noyan

  • Bagikan