banner 728x250

Tarik Minat Baca, Arita: Harus Ada Inovasi Untuk Tarik Minat Baca

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SANGGAU seputarkapuas.id
“Dengan banyak membaca, banyak pengetahuan yang bisa diperoleh. Tantangan kita saat ini adalah bagaimana kita menggerakkan semangat membaca, terutama untuk generasi muda. Mungkin nanti perlu ditetapkan hari membaca di Kabupaten Sanggau ini.”

Hal tersebut disampaikan Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau Arita Apolina usai melaunching Library Tour (Wisata Perpustakaan) di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau, Selasa (30/3/2021).

Lewat sambutannya, Arita Apolina mengapresiasi gebrakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau yang terus berinovasi dalam pengembangan literasi, hingga akhirnya Library Tour bisa terwujud.

“Dalam sejarahnya literasi ini salah satunya adalah kebutuhan manusia untuk mencatat, menghimpun, didalam suatu proses kegiatan manusia, dimana kemampuan itu disusun dari kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbahasa dan mengarsipkan (menyimpan) apa yang dipikirkannya yang nantinya akan disampaikan lagi ke orang lain,” tutur ibu empat anak ini.

Wanita yang pernah bergelut didunia pendidikan ini menyebutkan, membaca butuh ketelitian karena orang yang bisa membaca, belum tentu bisa memahami apa yang dia baca. Ia berharap, di era digital saat ini Arpusda Kabupaten Sanggau bersama stakeholder terkait bisa menjadi motivator untuk gemar membaca. Di sisi lain, Arita menambahkan bahwa kemampuan literasi ini bisa menjadikan seseorang sebagai tenaga profesional yang bisa menginspirasi orang banyak.

“Terutama pegiat media sosial, karena media sosial ini sangat familiar untuk semua kalangan masyarakat. Bagaimana kita bisa menyajikan topik bacaan yang membuat orang bisa tertarik untuk membacanya, terlebih hal yang positif dan bermanfaat bagi pembaca,” pungkasnya.

“Contohnya hari ini saya ke perpustakaan daerah, ketika buka medsos, liat foto atau baca judul, orang sudah tahu saya datang ke sini. Tapi orang tidak tahu mengapa saya datang ke sini, apa saja yang saya sampaikan. Tapi saya yakin dengan kita yang ada disini bisa membuat orang tertarik untuk membaca,“ tambahnya.

Pada kesempatan itu pula, Ketua Deranasda Kabupaten Sanggau menyerahkan Buku ‘Pesona Baju Adat Pengantin Indonesia’, ‘Sulam Kalengkang Sanggau’ dan buku ‘Tiop’ terbitan Dekranasda kepada Arpusda Sanggau.

Sementara itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau berharap setelah dilaunchingnya library tour ini dapat meningkatkan minat baca dan belajar tentang literasi bagi masyarakat sanggau, terutama generasi muda. Ia menambahkan, pihaknya terus meningkatkan khazanah literasi dari lokal maupun nasional untuk Arpusda Sanggau.

“Untuk saat ini koleksi buku yang ada di perputakaan daerah pertanggal 26 januari 2021 sebanyak 15.232 judul buku dengan jumlah eksemplar sebanyak 34.995 koleksi, dan 258 judul dengan 516 salinan jumlah koleksi digital (Sanggau) atau e-book yang dapat di akses di aplikasi isanggau,” ujarnya.

Laporan : Adi Noyan

  • Bagikan