banner 728x250

Kunjungi Petani Semangka Di Desa Tanjung, Ini Kata Wabup Sekadau

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SEKADAU seputarkapuas.id
Para petani semangka di Kabupaten Sekadau diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraannya, untuk itu pemerintah akan hadir ditengah-tengah para petani.Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Sekadau, Subandrio saat mengikuti panen semangka milik petani di kawasan Desa Tanjung kecamatan Sekadau Hilir, Senin (28/6/2021).

“Kita kunjungi mereka langsung, supaya tahu seperti apa kondisi di lapangan, dan apa saja yang menjadi kendala selama ini. Kita minta bapak-bapak petani ini saling komunikasi supaya nanti pemerintah bisa berikan bantuan untuk menunjang produksi semangka,” kata Wabup.

Wabup juga mengatakan bahwa semangka merupakan komoditi yang sangat menjanjikan, selain itu periode panennya juga cukup singkat.

“Kedepan supaya dibentuk kelompok, agar pemerintah mudah menyalurkan bantuan. Tidak perlu lama-lama, di APBD Perubahan ini bisa disalurkan bantuannya. Selain meningkatkan produktivitas petani, ini juga menunjang program unggulan kita yaitu IP3K,” jelas Suban, panggilan akrab wakil Bupati Sekadau.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Sandae mengatakan bantuan kepada petani sangat mungkin dilakukan.

“Kami akan rumuskan, namun lebih mudahnya melalui bantuan pemerintah (Banpem). Nanti kita bantu berupa dana, biar mereka sendiri yang akan belanja kebutuhan apa yang diperlukan,” tegas Sandae.

Kamarudin, salah satu petani semangka mengatakan sejauh ini kendala yang ia alami adalah kekurangan herbisida, pupuk dan pengairan.

“Ya kalau bisa ada bantuan dari pemerintah kami sangat bersyukur, dan kendala yang kami alami sekarang adalah masalah kurangnya herbisida, pupuk serta pengairan,” kata Kamarudin salah satu petani semangka kepada wartawan seputarkapuas.id disela-sela peninjauan oleh Wabup Sekadau.

Laporan : Suryadi

  • Bagikan