banner 728x250

Kunjungi Desa Semabi, Wabup Pantau Vaksinasi Corona Dan Dialog Bersama Petani

SEKADAU seputarkapuas.id
Wakil Bupati Sekadau, Subandrio bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan mendatangi Desa Semabi Kecamatan Sekadau Hilir, Rabu (30/6/2021).

Kali ini kedatangan Wabup untuk melihat secara langsung proses vaksinasi massal khusus lansia dan sekaligus meninjau potensi pertanian serta pengelolaan BumDes yang ada di Desa semabi.

Wabup Suban mengapresiasi PemDes Semabi yang telah mengupayakan warganya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Vaksinasi ini untuk memperkuat imunitas tubuh, sehingga tidak mudah kita terinfeksi virus. Jadi saya menghimbau jangan takut untuk divaksin,” jelas Suban.

Selain memastikan vaksinasi, Politisi Nasdem ini juga menyebut pemkab hadir ditengah-tengah masyarakat Desa Semabi untuk melihat prodiktivitas petani, terutama di bidang pertanian.

“Selain memantau vaksinasi, Kita sudah dengar dan melihat langsung apa yang petani butuhkan, seperti mesin perontok padi, traktor dan herbisida. Pemkab pasti akan mengakomodir kebutuhan petani. Karena ini adalah program unggulan kita yaitu IP3K,” tambah Wabup.

“Mesin-mesin yang rusak, yang kurang tepat sasaran akan kita tarik dan diperbaiki untuk kemudian disalurkan kembali kepada kelompok yang benar-benar membutuhkan. Karena kita tidak ingin bantuan tidak tepat sasaran,” sambung Wabup.

Pemerintah daerah ditahun 2022 juga akan membentuk wadah berupa koperasi, yang bertujuan untuk memudahkan pemasaran hasil produksi para petani.

“Koperasi itu akan bekerjasama dengan BumDes, supaya hasil panen baik itu padi, sayur dan sebagainya terjamin pemasarannya dan petani tidak bingung untuk menjualnya,” terang orang nomor dua di Bumi Lawang Kuari tersebut.

Sementara itu, kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan kabupaten Sekadau, Sandae mengatakan pihaknya cukup kualahan karena kurangnya tenaga PUPT.

“Saat ini kita hanya punya satu orang tenaga PUPT, kami di dinas akan buat telaah kepada pimpinan agar bagaimana caranya menambah tenaga PUPT. Idealnya kita satu kecamatan satu orang PUPT,” kata Sandae.

Kepada Desa Semabi, Jamri mengatakan mata pencaharian masyarakat Semabi adalah petani ladang dan sawah. Saat ini hampir 300 hektar lahan sawah yang produktif digarap oleh masyarakat.

“Kendala yang dihadapi petani kita salah satunya kurang alsintan, seperti mesin perontok, kemudian herbisida dan masalah hama. Kami berharap dengan kunjungan bapak Wakil Bupati kali ini dapat melihat kondisi warga disini dan memfasilitasi aspirasi masyarakat Semabi,” jelas Jamri.

Terkait vaksinasi, Jamri menjelaskan antusias masyarakat cukup tinggi, dan beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sekadau melalui Dinas Kesehatan yang telah memfasilitasi vaksinasi di Desa Semabi.

“Alhamdulilah, antusias masyarakat untuk ikut vaksinasi cukup tinggi. Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini, penyebaran virus covid-19 dapat ditekan khususnya di Desa Semabi,” papar Kades Semabi.

Kunjungan Wabup kali ini, wabup beserta rombongan ikut melakukan panen bersama para petani di desa Semabi.

Laporan : Suryadi