banner 728x250

Silaturahmi Ke Kediaman Ketua Kelompok Tani Makmur, Ini Kata Bupati Sekadau

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SEKADAU seputarkapuas.id
Bupati Sekadau, Aron didamping ketua tim pengerak PKK kabupaten Sekadau Ny.Magdalena Susilawati melakukan penyerahan secara simbolis bantuan bibit cabe kepada kelompok Tani Makmur yang berlangsung di gang Mangga RT 22 desa Mungguk, Minggu (22/8/2021).

Bupati Sekadau dalam arahannya mengatakan, bahwa program unggulan kita adalah Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian dan Perikanan untuk Kesejahteraan masyarakat (IP3K).

“Program sepertinya mudah diterapkan, karena jika kita bicara pertanian masyarakat tau, bicara perikanan masyarakat tau, bicara perkebunan masyarakat tau,” kata Aron.

Jadi seperti yang dilakukan kelompok tani Makmur ini saya rasa sangat baik, karena produk ungulannya selain semangka, melon, kacang, cabe dan timun juga ada sawi kampung.

“Sawi kampung, selain bisa langsung dijadikan sayur, juga bisa di buat sawi asin, jadi ini merupakan peluang yang sangat bagus,” tambah bupati Sekadau tersebut.

“Saya berharap kelompok Tani Makmur ini bisa mengabil peluang yang baik ini.
Sebab saat ini kebutuhan akan sayur kita di kabupaten Sekadau sebagian masih di pasok dari luar Sekadau,” tuturnya kembali.

“Kedepan kita akan mengoptimalkan salah BPP untuk memonitor harga komunitas sayur mayur diluar kabuparen Sekadau termasuk ternak. Akan tetapi kita akan memperhatikan jaringan internet di BPP mana yang cocok. Selain itu, kelompok Tani Makmur ini juga bisa berbagi ilmu dengan teman – teman kita dari kelompok lain,” harap Aron.

Ketua kelompok Tani Makmur, Harmanto dalam paparannya mengatakan, selain tanaman ungulan kami adalah sawi kampung, kami juga berkeinginan untuk melakukan integrasi dengan ternak maupun perikanan. Naman itu merupakan tujuan jangka panjang kelompok ungkapnya.

“Untuk meningkatkan produktifitas petani, saya berharap pemkab melalui dinas DKP3 bisa mengadakan pelatihan bagi para petani di Sekadau,” kata Harmanto.

Sande, kepala dinas DKP3 mengatakan, dengan adanya kegiatan pertanian seperti ini, harapan kami kelompok tani makmur ini bisa mendukung program pemkab Sekadau yaitu IP3K.

Wakil ketua DPRD kabupaten Sekadau Handi, berharap, selain memproduksi sayur mayur, kelompok Tani Makmur juga diharapkan mampu memberikan solusi atapun ide cemerlang kepada pemkab agar program IP3K yang dicanangkan Pemkab Sekadau bisa berhasil dengan baik.

Kegiatan tersebut dihadiri, bupati Sekadau Aron, beserta ketua TP.PKK Ny. Magdalena Susilawati, Kadis DKP3 Drs.Sande, wakil ketua DPRD Handi, PPL desa Sei Ringin dan para anggota kelompok tani Makmur.

Hadir sebagai Peninjau ketua kelompok Mulya Tani desa Perongkan, dan Ketua kelompok Tani Mandiri desa Ensalang Dodi.

Pada kesempatan tersebut, bupati juga menyerahkan bantuan bibit Cabe Cakra beserta pupuk dan Herbisida.

Laporan : Suryadi

  • Bagikan