banner 728x250

Wabup Subandrio Deklarasi ODF DiDusun Bumi Rejo

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SEKADAU seputarkapuas.id
Wakil Bupati Sekadau, Subandrio membuka kegiatan Open Defectation Free (ODF) di dusun Bumi Rejo desa Timpuk kecamatan Sekadau Hilir kabupaten Sekadau, Kamis (26/8/2021).

Pada kesempatan tersebut Wabup mengatakan bahwa sanitasi atau yang sering disebut kesehatan lingkungan merupakan salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

“Sanitasi yang identik dengan penyediaan air bersih, jamban keluarga, sarana pengelolaan sampah dan sarana pembuangan air limbah apabila didukung dengan perilaku hidup bersih dan sehat akan mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti diare, demam berdarah serta cacingan yang berkontribusi terhadap terjadinya stunting yang menjadi isu strategis masalah kesehatan,” kata Subandrio.

Lebih lanjut, ia juga menyebut program tersebut sudah berjalan sejak lama, namun dari 87 desa baru hanya 27 desa yang sudah menyatakan dirinya ODF atau stop buang air besar sembarangan kata Subandrio.

“Itu artinya masih banyak PR kita terkait lingkungan, dimana masih kita temui kasus stunting di kabupaten Sekadau,” jelasnya.

“Saya percaya bahwa dengan usaha terus menerus dengan dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat itu sendiri, program stop buang air besar sembarangan akan dapat terlaksana,” ujar wabup.

“Semoga momentum ini bisa menjadi pemicu bagi desa lain di Kabupaten Sekadau untuk bisa segera mewujudkan program stop buang air besar sembarangan,” tutupnya.

Sementara itu, Selamet Subagiyo kepala puskesmas Sekadau Hilir, mengucapkan selamat dan apresisai kepada seluruh masyarakat dusun Bumi Rejo, Pemerintah Kecamatan dan Puskesmas Sekadau Hilir telah berhasil mewujudkan dusun Bumi Rejo sebagai Desa ODF.

“Untuk dapat mewujudkan lingkungan yang sehat pemerintah telah mengembangkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu sebuah pendekatan untuk mengubah perilaku Hygienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

“Desa Timpuk sudah bisa membuktikan kalau serius dan komitmen pasti bisa,
nanti dusun-dusun yang lain tetap harus semangat,” tambah Subagiyo.

Tujuan dari STBM ini adalah terwujudnya kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat dimana seluruh komponen masyarakat mampu melaksanakan 5 pilar STBM dan mendukung tercapainya kemandirian desa atau yang disebut Desa Mandiri.

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan membuka tirai plang bertuliskan deklarasi ODF Dusun Bumi Rejo oleh wabub Sekadau, Subandrio.

Acara tersebut juga tetap mengutamakan protokol kesehatan, dengan menyediaka tempat cuci tangan dan masker, serta dilaksanakan diruangan terbuka.

Laporan : TIM/Suryadi

  • Bagikan