banner 728x250

Tingkatkan Kreativitas Siswa SMK, TP PKK Sekadau Gandeng Universitas Muhamadiyah Pontianak Gelar Pelatihan Di Sekadau

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SEKADAU seputarkapuas.id
SMKN 1 bekerjasama dengan TP. PKK kabupaten Sekadau dan Universitas Muhamadiyah Pontianak melaksanakan pelatihan dengan tema “Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Berwirausaha di Bidang Pengolahan Ikan” yang berlangsung di Aula SMKN 1 jalan Merdeka Timur Sekadau, Kamis (2/9/2021).

Dalam laporan singkatnya, Kepsek SMKN 1 Basep menyampaikan bahwa SMKN 1 Sekadai berdiri tahun 2006 dan mulai beroperasi sejak 2007. Dengan dua jurusan dan 84 siswa. Saat ini sudah SMKN 1 Sekadau memiliki 8 jurusan dengan 840 siswa dan 42 tenaga pendidik.

Dimasa pendemi Covid -19, SMKN 1 mulai melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sejak 18 Agustus 2021 sesuai dengan arahan dari dinas Pendidikan Provinsi Kalbar dengan pembatasan dan menerapkan protokol kesehatan.

Jumar, yang mewakili kadis pendidikan Provinsi Kalbar mengatakan sangat mengapresisai kegiatan ini.

“Dan di kabupaten Sekadau kegiatan pelatihan seperti ini baru pertama kali namun jika kita lihat, kreativitasnya sangat luar biasa,” kata Jumar.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Universitas Muhamadiyah Pontianak Doddy Irawan. Dia mengatakan SMK merupakan tempat untuk mendidik para siswa agar bisa berkreasi dengan trampil.

Kalau mahasiswa Muhamadiyah kata Doddy, pendidikannya dibekali dengan keterampilan salah satunya melalui kegiatan seperti ini. Sebab kata dia lagi di universitas kita dituntut harus memiliki output yang berguna bagi masyarakat.

“Salah satu contoh di salah satu kabupaten di Kalbar, kita sudah membuat produk dengan memanfaatkan limbah kulit jeruk sambal dijadikan bahan untuk membuat aroma terapi dan ini berhasil,” ungkap Doddy.

Bupati Sekadau, Aron dalam arahannya mengharapkan kepada peserta supaya dapat mengolah ikan dengan kualitas yang baik dan mampu bersaing secara nasional.

“Saya melihat anak -anak didaerah memiliki potensi yang sama dengan anak -anak yang tinggal di kota,” ucapnya.

“Kita di Sekadau saat ini sudah mulai mengembangkan budidaya ikan Baung karena ikan air tawar ini memiliki nilai ekonomi tinggi, kedepan kita juga akan mengembangkan budidaya ikan Tapah dan ikan Belidak,” kata Aron.

“Untuk menjadi yang terbaik, sambung Aron, kita harus berkompetinsi karena dengan berkompetisi akan keluar yang terbaik,” sambung Aron.

Aron berharap kedepan mudah – mudahan Sekadau memiliki olahan ikan yang bisa kita jual ke luar daerah.

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Sekadau Aron SH, Ketua TP.PKK kabupaten Sekadau Ny.Magdalena Susilawati Aron SP, Rektor UM Dr.Doddy Irawan ST.M.Eng, perwakilan dinas Pendidikan Kalbar Drs.Jumar M.Pd. kepala SMKN 1 Sekadau Basep S.Pd, Kadis DKP3 Kabupaten Sekadau Drs, Sabde M.Si.Sekretaris dinas Pendidikan kabupaten Sekadau Gelinus S.Pd.kades Mungguk Abag Irwandi, Dekan dan Dosen UM Pontianak, serta tamu undangan lainnya.

Usai pembukaan acara pelatihan, bupati Sekadau dan rombongan melakukan peninjauan hasil kreativitas siswa SMK.

Laporan: Tim/Suryadi

  • Bagikan