banner 728x250

Bupati Aron Beri Penghargaan Untuk Desa Berprestasi Disekadau

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SEKADAU seputarkapuas.id
Bupati Sekadau Aron menyerahkan penghargaan kepada 14 desa dari 7 kecamatan yang mengikuti lomba baik ditingkat nasional maupun daerah, Rabu(15/9/2021) di Aula Kantor Camat Sekadau Hulu.

Untuk lomba  Indeks Desa Membangun ( IDM ) tingkat nasional Desa Rawak Hilir menempati pasisi ke empat. Lomba Desa tingkat kabupaten peringkat 1 .Desa Setawar , 2 . Ensalang , 3. Sei Ayak
II.

Alokasi Kinerja ada 10 desa terpilih , yaitu : Desa Tanjung , Peniti ( Kecamatan Sekadau Hilir ) .Rawak Hulu , Boti , Mondi ( Sekadau Hulu ) Nanga Mentuka ( Nanga Taman ) Tamang ( Nanga Mahap ) Sungai Ayak II ( Belitang Hilir ) Maboh Permai (Belitang ) Balai Sepuak ( Belitang Hulu ).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bayu Harsono terpilihnya desa – desa untuk berbagai kategori lomba sudah melalui penilaian dari pihak yang berkompeten. Untuk lomba IDM dinilai Kementerian demikian juga Lomba Alokasi Kinerja.

“Lomba alokasi kinerja berkaitan erat dengan pengelolaan Dana Desa setiap kabupaten 10 desa, kedepan kita harapkan seluruh desa mempersiapkan dengan memebuhi indikator penilaian  dari pusat” jelasnya.

Bupati Sekadau, Aron saat menyampaikan arahan dihadapan kepala desa menyampaikan beberapa hal penting berkaitan dengan sejumlah status desa , dan masalah covid 19 Desa – desa di Kabupaten Sekadau disampaikannya supaya berKompetisi   adu ide dan  gagasan  guna kemajuan desa.

” Ada 52 item atau indikator penilaian untuk peningkatan status desa , pemerintahan desa supaya memenuhi betul indikator dimaksud , mengingat tingkatan status desa ada 5 yaitu , sangat tertinggal , tertinggal , berkembang , maju dan mandiri ” jelasnya.

Pemkab terus berupaya untuk meningkatkan status desa setiap tahun dan tahun 2021 tidak ada lagi kategori desa sangat tertinggal , saat ini ada 4 desa tertinggal 1 di Nanga Taman , 3 di Belitang.

” Tahun 2022 kita harapkan akan terus ditingkatkan status desa , tentu kerja keras kita semua meningkatkan keempat desa tersebut ” tutupnya.

Laporan : TIM/Suryadi

  • Bagikan