banner 728x250

Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, Wabup Sekadau; Aparatur Desa Harus Berkinerja Baik

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SEKADAU seputarkapuas.id
Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kinerja perangkat desa, sebagai pemegang amanat untuk melaksanakan penyelenggaraan
pemerintahan pembangunan dan pelayananmasyarakat. Maka kami melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi apartur pemerintah desa.

Acara tersebut di ikuti oleh tiga kecamatan yakni kecamatan Belitang hulu, kecamatan Belitang hilir dan kecamatan Belitang, dan dibuka oleh wakil bupati Sekadau, (22/9/2021) di gedung pertemuan kantor camat Belitang.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, SH,MH menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sekadau memberikan perhatian luar biasa kepada desa, sebab keinginan pemerintah daerah kabupaten Sekadau saat ini adalah membangun daerah dimulai dari pelosok, guna
memperkuat daerah dan desa. Sehingga Dana Desa (DD) dari tahun ke tahun selalu meningkat.

“Satu desa mengelola anggaran hampir Rp. 900 juta sampai 1 miliar sesuai dengan wilayah dan jumlah penduduk serta peringkat desa, sehingga memiliki keleluasaan membangun sendiri desanya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan desa,” kata wabup.

Dimasa pandemi ini covid-19 semua anggaran di repocusing termasuk seluruh OPD Pemkab Sekadau anggarannya juga dipotong mengikuti aturan SKB Kemenkeu, agar memangkas belanja modal dan belanja barang dan jasa minimal 8 persen.

Meski demikian kata Wabup, dengan semakin banyak anggaran yang dikelola desa, semakin besar resiko, oleh karenanya para aparatur pemerintahan desa diharapkan memahami aturan dan regulasi. Terutama UU Desa, termasuk turunan di bawahnya, ini menjadi pedoman dalam melangkah.

“Oleh karenanya kita harus tertib administrasi agar kades perangkat tidak berhadapan dengan Aparat Penegak Hukum. Karena sekarang desa tidak hanya dipelototi LSM, akan tetapi masyarakat dengan mudah melakukan pengaduan tata kelola keuangan desa ke Kejaksaan, oleh karenanya harus kita antisipasi dengan tertib administrasi,” pesannya.

Ditempat yang sama Hermansyah, M.SE Camat Belitang dalam sambutan saat acara pembukaan mengatakan, bahwa ia menaruh harapan yang besar kepada para peserta kegiatan, mengingat penyelenggaraan Pemerintahan desa di wilayah Kecamatan Belitang akan semakin baik bila peran dari aparatur pemerintah desa memiliki kemampuan dan ketrampilan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

“Memiliki kemampuan dan ketrampilan semata tidaklah cukup, melainkan perlu ada keinginan dan kemauan dari dalam hati masing-masing aparatur, serta dukungan yang kuat dari Kepala Desa, Ketua BPD dan tokoh masyarakat dalam melaksanakan program yang telah direncanakan, terutama program yang telah menjadi Dokumen Perencanaan desa yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes),” kata Herman.

Sementara itu ketua panitia penyelenggara Syahdiman dalam penyampaiannya mengatakan, kegiatan tersebut disamping sebagai upaya meningkatkan kemampuan aparatur Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan, juga meningkatkan kualitas dan kinerja pemerintah desa.

“Jadi kegiatan ini adalah sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kinerja aparatur desa,agar lebih baik dalam pelayanan dan memenet anggaran desa,”katanya.

Untuk diketahui kata dia, peserta Pelatihan kali ini berjumlah 66 Orang, para peserta terdiri dari unsur Kepala desa, Sekretaris desa.

Laporan : Suryadi

  • Bagikan