banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Teruskan Arahan Pemerintah Pusat, Ini Pesan Bupati Sanggau

SANGGAU seputarkapuas.id
Pemerintah Republik Indonesia kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh wilayah Indonesia. Rencananya pada rentang 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Terkait rencana ini, Bupati Sanggau, Paolus Hadi, menilainya sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pemerintah pusat mengatur ketentuan PPKM Level 3 dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021.

Inmendagri ini memuat tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022. Termasuk larangan untuk cuti pada momen itu.

Pada kesempatan ini Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan bahwa Pemerintah pusat mengatur ketentuan PPKM Level 3 dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri secara nasional.

“Artinya ini harus kita patuhi, bahwa untuk libur natal dan tahun baru ini memang kita diperketat kembali dan kita nanti secara detail kami akan rapatkan di satgas bagimana pengaturan lebih lanjut dan ini akan berlaku tanggal 24 Desember sampai selesai tahun baru dan mudah-mudah ini dipatuhi oleh masyarakat Sanggau, karena nanti kita akan ada penyekatan-penyekatan,” ujar Bupati. Kamis, (25/11/2021)

Orang nomor satu di Kabupaten Sanggau ini berharap hal ini tidak dijadikan beban, karena sebelumnya (pandemi 2020) masyarakat juga pernah diimbau untuk tidak mudik demi memutus rantai penularan covid-19.

“Tentunya harapan saya ini bukan menjadi beban, karena kita sudah biasa menghadapi pola hidup baru atau new normal. Memang kekhawatiran besar dari Pemerintah adalah ketika perayaan natal dan tahun baru inikan peluang orang berkumpul kemudian kembali dari berbagai daerah. Nah ini yang diatur supaya jangan ada gelombang berikutnya Covid-19 ini,” tuturnya.

Lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Sanggau, menyebutkan bahwa saat ini di Kabupaten Sanggau masih kosong yang terkonfirmasi dan juga yang dirawat. Dan ia berharap, setelah Natal dan pergantian tahun (mendatang) tidak ada masalah baru soal infeksi covid gelombang ketiga yang dikhawatirkan saat ini.

“Saya selaku kepala daerah, mohon dukungan masyarakat Sanggau kita Natal dan rayakan tahun baru di sanggau saja,” harapnya.

Pria yang akrab disapa PH ini juga menghimbau kepada masyarakat Sanggau yang sedang berada diluar Kabupaten Sanggau untuk merayakan Natal dan tahun baru di daerah domisilinya masing-masing.

Laporan: Andi

error: Content is protected !!