banner 728x250
Berita  

Hadiri Pra Rat CU Keling Kumang Area Tiga, Ini Yang Di Sampaikan Wabup Sekadau

SEKADAU seputarkapuas.id
Wakil Bupati Sekadau Subandrio, menghadiri Pra Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP CU Keling Kumang Area Tiga Tahun Buku 2021 di gedung Kateketik jalan Merdeka Selatan Sekadau, Rabu (12/1/2022).

Mengangkat tema “Memperkuat Basis Sosial dan Teritorial Untuk Kesejahteraan Anggota yang Berkelanjutan”. Rat ini juga di ikuti oleh anggota di Sekadau Hulu (Rawak) , Nanga Taman, Nanga Mahap, Timpuk, Tapang Pulau, Belitang, Belitang Hulu, secara daring.

Chief Executive Officer (CEO) Valentinus, mengatakan kedepan anggota CU Keling Kumang bisa menyetor atau menarik walau kantor sedang tutup.

“Kedepan anggota CU Keling Kumang bisa menyetor atau menarik simpanan walau kantor CU sedang tutup dengan menggunakan aplikasi keling kumang mobile,” terang nya.

Valentinus juga menambahkan, dimasa pendemi, CU Keling Kumang bisa tumbuh dengan baik, aset bertambah begitu juga anggota.

“Dimasa pandemi, CU Keling Kumang tumbuh dengan baik. Aset kita tahun ini bertambah 175 milyar, anggota juga bertambah 17.069 orang, walau dimasa pandemi,” tambahnya.

Dalam sambutannya, Subandrio menyampaikan Pra RAT merupakan salah satu kegiatan yang berupaya untuk memenuhi hak anggota.

“Pra Rapat Anggota Tahunan (Pra-RAT)
merupakan salah satu kegiatan yang
berupaya untuk memenuhi hak anggota
dalam menentukan Perwakilan Anggota
yang akan mengikuti Rapat Anggota
mendapatkan serta (RAT) Tahunan
Laporan Pengurus atas perkembangan
pengelolaan Koperasi,” kata wabup.

“Sesuai Undang Undang nomor 25 tahun 1992, Rapat Anggota Tahunan merupakan Kewajiban bagi Koperasi karena
Merupakan Pemegang Kekuasan tertinggi
didalam pengambilan keputusan dalam prinsip pelaksanaan Koperasi, sebagai
dan Transparansi Demokrasi,
Akuntabilitas dalam tata Kelola Koperasi,” terang Suban.

Subandrio juga menyampaikan per 31 Desember 2021 di kabupaten Sekadau tercatat 179 koperasi.

“Di kabupaten Sekadau, per 31 Desember 2021 terdapat 178 unit koperasi, dengan jumlah yang aktip 136 koperasi dan menjalani RAT. Dari sekian banyak koperasi
sedikit aktif tersebut ternyata hanya sedikit koperasi yang melaksanakan RAT dan ini
merupakan tantangan dan permasalahan
kami selaku Pembina untuk lebih bagi koperasi menggiatkan koperasi melaksanakan RAT. Karena aktif secara kelembagaan dan diakui telah koperasi apabila usaha melaksanakan RAT,” tambah Wabup.

“Kami berharap CU Keling Kumang bisa membantu mewujudkan Visi Misi Bupati Sekadau yakni Sekadau Maju Mandiri Sejahtera dan Bermartabat serta mensupport program kerja Bupati IP3K, karena CU Keling Kumang merupakan salah satu penggerak perekonomian rakyat yang hadir di daerah yang belum dijangkau
oleh lembaga keuangan atau Perbankan
lainnya,” tutup wabup.

Selesai menyatakan sambutannya, wabup membuka secara resmi PRA RAT KSP CU Keling Kumang Tahun Buku 2021.