banner 728x250

Resmikan Kantor Desa Rawak Hilir, Aron Arahkan Ini

  • Bagikan
BERBAGI SEKARANG

SEKADAU seputarkapuas.id
Bupati Sekadau Aron, mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat dan perangkat desa Rawak Hilir, atas berdirinya kantor baru yang megah ini.

“Mudah-mudahan dengan sudah adanya kantor yang representatif, maka diharapkan agar pelayanan kepada masyarakat khususnya desa Rawak hilir bisa maksimal,” kata Aron, bupati Sekadau mengawali sambutannya, Selasa (11/01/2022) pada saat peresmian kantor desa Rawak hilir.

Lebih lanjut mantan anggota DPRD provinsi Kalbar ini meminta kepada dinas Dukcapil kabupaten Sekadau untuk segera memperbaiki Kartu Keluarga (KK) yang saat ini di pegang masyarakat, karena lanjut dia, rata-rata anak-anak yang tercatat dalam KK tersebut masih banyak masih status Sekolah dasar.
Padahal dalam beberapa puluh tahun mungkin sudah banyak yang pendidikannya sudah sarjana.

Jika status ini tidak di perbaiki maka
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten Sekadau tidak bisa naik, kendatipun dari indikator lainya bisa naik.

Masih dikatakan Aron, mengenai vaksinasi, kabupaten Sekadau masuk peringkat ke 3 se Kalimantan barat, karena saat ini jumlah angka vaksinasi yang sudah kita lakukan sekitar 77 persen lebih.

“Artinya sudah ada sekitar 100 ribu lebih masyarakat kita yang sudah di vaksin,” ungkapnya.

Lebih lanjut bupati mengatakan, saat ini kita memasuki pasar bebas dunia, jadi untuk menghadapi hal itu kita harus menyiapkan diri agar kita mampu bersaing. Jangan hanya menjadi masyarakat yang konsumtif mari kita berinovasi dengan memperkuat inovatif diri untuk menghadapi pasar bebas.

Jangan sampai pasar-pasar tradisional kita di isi oleh orang-orang luar, misalnya sayur harus dibawa dari luar, ikan harus dibawa dari luar kemudian dijual di pasar kita. Pemerintah sudah menyiapkan program untuk berinovasi melalui program IP3K.

“Mari kita berinovasi melalui program Infrastruktur Pertanian Perkebunan Perikanan Untuk kesejahteraan masyarakat (IP3K),”ajak Aron.

Selain itu, bupati juga mengajak seluruh kepala desa untuk mengalahkan sistim gotong royong di kampung-kampung, untuk perbaiki jalan yang rusak,. membersihkan kampung, sebab dengan kerjasama melalui gotong royong memiliki dampak positifnya.

“Jangan sedikit jalan rusak lalu di pajang di media sosial, jika jalan masih bisa dikerjakan secara gotong royong sebaiknya di kerjakan saja,” saran Aron.

Usai membagi bantuan bibit padi, kepada petani Ia menyarankan, agar bibit yang diberikan kepada petani sebaik ditanam secara baik, jika ada kekurangan Alsintan pemerintah siap membantu, karena target swasembada pangan sudah kita canangkan.

“Jika masyarakat membutuhkan Alsintan, pemerintah siap membantu, karena pemerintah serius untuk mengejar target swasemba pangan, karena lahan kita memadai untuk itu,”katanya. (Tim)

  • Bagikan
error: Content is protected !!