banner 728x250
Berita  

Kemenpan RB Resmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau

banner 120x600
banner 468x60

SANGGAU seputarkapuas.id

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) Republik Indonesia meresmikan secara langsung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa 24 Mei 2022.

banner 336x280

Peresmian tersebut dilakukan Deputi Bidang Pelayanan Publik (BPP), Diah Natalisa mewakili Menpan RB, Tjahjo Kumolo. Hadir juga Kepala Dinas PMTSP Kalbar mewakili Gubernur Kalbar, Perwakilan dari Polda Kalbar, Bupati Sanggau Paolus Hadi, dan Forkompimda Sanggau lainya, Kepala OPD Sanggau, instansi vertikal, tokoh masyarakat dan pejabat lainya. Dalam peresmian itu juga ditayangkan video sambutan dari Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo.

“Kami mengucapkan selamat kepada Kabupaten Sanggau atas diresmikannya MPP Sanggau. Sudah lama beroperasi, Tapi Alhamdulillah hari ini sudah bisa kita resmikan. Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat hingga akhirnya MPP Sanggau ini dapat terbentuk,”kata Deputi Bidang Pelayanan Publik, Diah Natalisa, Selasa 24 Mei 2022.

Berdasarkan Perpres nomor 89 tahun 2021, MPP merupakan pengintegrasian pelayanan publik yang diberikan Kementerian, Lembaga, Pemda, BUMN, BUMD dan bahkan swasta secara terpadu disatu tempat.

“Dalam rangka untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, keterjangkauan, kenyamanan dan keamanan dalam menerima berbagi jenis layanan,”jelasnya.

“MPP Sanggau ini merupakan MPP yang ke-57 hadir di Indonesia, MPP yang ke-5 di Pulau Borneo, dan menjadi MPP yang ke-2 khususnya di Provinsi Kalbar,”tambahnya.

Hadirnya MPP di Sanggau diharapkan dapat mendorong kemudahan berusaha dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sanggau.

“Sesuai dengan arahan bapak Presiden dan juga arahan strategis bapak Wapres, MPP ini merupakan wujud dari reformasi birokrasi yang bertujuan menyederhanakan proses kerja dan berorientasi pada pelayanan,”tuturnya.

Kedepan, Ia juga berharap agar MPP Sanggau yang saat ini terdapat 21 instansi yang bergabung dengan sekitar 254 pelayanan, dapat memberikan pelayanan secara konsisten.

“Akan tetap eksis, malah semakin bertambah baik dan berkelanjutan. Serta meningkatkan koordinasi dengan lintas instansi, Sehingga semakin banyak jenis layanan yang diberikan dan tentu sesuai dengan kebutuhan masyarakat,”jelasnya.

“Kami juga menyampaikan beberapa hal terkait MPP ini. Semoga kedepan semakin banyak kita menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sesuai kebutuhan, mengintegrasikan layanan melalui penggunaan satu data bersama, membangun budaya. Dimana memiliki tata tertib dan SOP yang disepakati dan juga dikuti oleh seluruh unit yang bergabung disini,”tambahnya.

Selain itu, memelihara dan meningkatkan sarana dan prasarana yang sudah tersedia. “Termasuk tadi saya sudah lihat, Memperhatikan kebutuhan untuk kelompok rentan dibeberapa layanan, Semua ada prioritas terhadap kelompok rentan,”tegasnya.

Kemudian, Meningkatkan kompetensi SDM yang berkelanjutan, terutama yang berada didepan, Diprioritaskan. Dan jangan lupa melalui DPM PTSP sebagai leading sektornya, melakukan monev penyelenggaraan layanan MPP secara periodik.

“Kita harus lihat before and after dan bagaimana peningkatan pelayanan. dan juga masyarakat dapat memberikan penilaian. Ini sangat penting, karena yang paling jujur memberikan penilaian adalah masyarakat yang kita layani,”jelasnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih atas komitmen dan kerja keras dari Bupati, Wabup, Forkompimda beserta seluruh jajaran ASN dan termasuk 21 instansi yang sudah bergabung di MPP yang secara bersama memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kabupaten Sanggau.

“Semoga apa yang telah kita kerjakan dapat menjadi titik balik pemulihan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi mengucapkan terimakasih kepada Kemenpan RB atas peresmian MPP Sanggau ini.

“Ini tantangan, kita sudah menyatakan keseriusan kita. MPP ini sudah diresmikan. Saya setuju dengan Ibu Deputi tadi, MPP ini sangat dirasakan oleh masyarakat. Tadi kita keliling dan ibu Deputi sudah wawancara dengan beberapa pihak, dan ibu menyatakan harus terus dipertahankan,”katanya.

“Kesaksian masyarakat juga ada Kemudahan-kemudahan yang mereka rasakan. Ini tantangannya, dan kita bersyukur sudah diresmikan, Bearti secara nasional kita terpantau baik dan kita pasti diberi nasehat, siapa tahu kedepan ada dukungan lain untuk pemerintah,”tambahnya.

Selain itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Sanggau itu mengucapkan terima kasih kepada Forkompimda dan semua pihak. “Dan tentunya inilah Sabang Merah (Sanggau bangga mengukir sejarah). Hari ini sejarah diresmikan MPP Sanggau, MPP ini kebangaan kami yang sudah dimulai pada 10 Desember 2020,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kabupaten Sanggau, Alipius menyampaikan bahwa sejak di soft launching MPP pada 10 Desember 2022 hingga saat ini, Sebanyak 399.128 dokumen yang sudah dikeluarkan. Kemudian untuk jumlah setoran pajak daerah sebesar Rp 9,012.888.968.00.

Laporan : Redaksi SK

banner 336x280
error: Content is protected !!