banner 728x250
Berita  

Ini Visi Dan Misi Martinus Yanuar, Cakades Cupang Gading Nomor Urut 1

banner 120x600
banner 468x60

Sekadau, seputarkapuas.id – Calon Kepala Desa (Cakades) Cupang Gading Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau nomor urut 01, Martinus Yanuar, A. Md mengusung visi “Mewujudkan Desa Cupang Gading Yang Mapan (Maju, Mandiri dan Terdepan)”. Hal ini diungkapkanya kepada media seputarkapuas.id pada Kamis (23/6/2022) sore di Sekadau.


“Maju diartikan bahwa suatu kondisi kehidupan yang kreatif, inovatif, produktif dan partisipatif sehingga mampu memenuhi kebutuhannya sendiri baik ekonomi maupun infrastruktur. Sedangkan mandiri diartikan bahwa segala sumber daya yang dimiliki sudah dapat memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Cupang Gading sehingga mampu mewujudkan desa Cupang Gading menjadi desa Mandiri. Dan Terdepan berarti mampu membina desa Cupang Gading menjadi desa terdepan sehingga semua roda pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik,” jelas Mantinus Yanuar.

banner 336x280


Sedangkan misinya yakni mewujudkan bersama sama masyarakat cita-cita pembangunan Desa Cupang Gading yang maju, mandiri dan terdepan serta berdaya saing.


“Menyelenggarakan urusan pemerintah desa secara terbuka dan bertanggung jawab sebagaimana yang telah diatur dalam perundang-undangan yang berlaku, sehingga masyarakat merasa lebih nyaman saat berurusan di desa,” papar Martinus.


Selain itu dalam misinya ingin menumbuhkan tingkat pertisipasi masyarakat dalam setiap proses pembangun di Desa Cupang Gading baik Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi melalui pendekatan berbasis kearifan lokal.
Martinus Yanuar juga ingin memaksimalkan Pengelolaan aset dan BUMDes Desa Cupang Gading untuk Peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD).


“Agar terciptanya lapangan Kerja melalui pengelolaan BUMDes Desa Cupang Gading, kita akan maksimalkan pengelolaan asset dan BUMDes untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah,” terangnya.


Di bidang pendidikan lanjut dia, ia ingin memaksimalkan Pengelolaan PAUD Desa dan PAUD yang berada didalam lingkungan Desa Cupang Gading sebagai bentuk perhatian dan tanggung jawab pemerintah desa terhadap dunia pendidikan yang memang menjadi kewenangan Desa.


Sedangkan di bidang pemerintahan, ia berkeinginan untuk membangun kerjasama yang baik dengan mitra kerja pemerintah desa dalam menyerap aspirasi masyarakat, baik dibidang pembangunan maupun dalam hal perencanaan, untuk membentuk dan melaksanakan produk-produk Peraturan Desa (Perdes) yang berpihak kepada masyarakat.


Terakhir dia menyampaikan, untuk mewujudkan programnya, dia akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, swasta serta pemerintah pusat untuk membangun desa Cupang Gading yang maju.


“Untuk mewujudkan desa Cupang Gading yang Mapan, kita akan bekerjasama dengan pemerintah daerah, pihak swasta maupun pemerintah pusat guna membagun desa Cupang Gading yang Maju, Mandiri dan Terdepan,” tutupnya.

Laporan: Suryadi

banner 336x280
error: Content is protected !!