banner 728x250
Berita  

Yessy Sapa Sanggau, Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar Bagi Pembudidaya Ikan Bersama KKP RI

banner 120x600
banner 468x60

SANGGAU seputarkapuas.id
Potensi Perikanan Air Tawar Kalimantan Barat yang melimpah menjadi dasar Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Nasdem Yessy Melani menggandeng KKP RI memberikan pelatihan sekaligus mengunjungi Balai Binih Ikan (BBI) Sekayam kabupaten Sanggau, Senin 25/7/2022.

Dalam pelatihan tersebut Politisi Nasdem ini menyebut, belum banyak pihak yang serius untuk membudidayakan ikan dan mengembangkan potensi ikan air tawar terutama di Kalimantan Barat.

banner 336x280

Dipaparkan oleh politikus muda ini mengkonsumsi ikan itu menyehatkan dan memiliki gizi bagi kehidupan.

“Jadi, budidaya dan konsumsi ikan harus terus ditingkatkan di
tengah-tengah masyarakat,”Katanya Di hadapan ratusan peserta pealtihan oleh KKP. Disamping konsumsi, kata Yessy teknik dan kompetensi budidaya khusus ikan air tawar harus dimiliki SDM pembudidaya di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Untuk itu, dihari ini ilmu yang akan diberikan pelatih dari BPPP Tegal harus diserap dan diperhatikan betul oleh peserta. Banyak praktek nanti disini selama dua hari, sehingga kedepan kita mampu membudidayakan ikan secara baik,” Ujar Yessy.

Dalam kesempatan tersebut, Yessy juga menyerahkan beberapa bantuan kepada pembudidaya ikan di Sanggau serta bantuan lainnya.

“Untuk menjadi penyemangat pagi ini kepada pembudidaya di Sanggau saya serahkan 1 Unit bantuan program sarpras sistem budidaya bioflok senilai 200 juta kepada Yayasan Pelayanan Kasih Bagi Negeri dan 1 Unit Program Bantuan Mesin Pembuat Pakan untuk Kelompok Rosela senilai 140 juta. Tentu ini hanya stimulus bagi kelompok pembudidaya di sanggau agar semangat dan maju kedepan dalam bidang perikanan,” Tutur Yessy.

Yessy juga berpesan supaya bantuan yang diberikan selalu dirawat dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Tolong dijaga, dirawat, dan dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi kemajuan dan keberlanjutan budidaya ikan di Kabupaten Sanggau. Sedikit saya sampaikan, bahwa harga pakan sangat tinggi ditingkat pembudidaya, pengeluaran terbesar pembudidaya juga untuk biaya pembelian pakan ikan. Kemarin di Sekadau saya menerima info harganya 30 Kg, harga pakan 400-500 ribu. Tentu kedepan dengan bantuan yang saya berikan bisa membantu dan meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan air tawar di Sanggau,” pesannya.

“Terus semangat dalam menggeluti sektor perikanan melalui budidaya ikan. Dengan kolaborasi dan aksi bersama semua pihak & peran multi aktor saya yakin budidaya ikan di Kab. Sanggau kedepan bisa maju, produktif, berkelanjutan serta bisa memberikan kecukupan konsumsi gizi di wilayah Kabupaten Sanggau,” tutup Yessy.

Laporan: Adi Noyan/Tim Yessy

banner 336x280
error: Content is protected !!