banner 728x250
Berita  

Masuk Musim Penghujan, BPBD Himbau Warga Sanggau Waspadai Bantingsor

SANGGAU seputarkauas.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaui Kasi Pencegahan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Kristian Hendro menyebut hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi hampir merata di seluruh Kalimantan Barat, tak terkecuali di Kabupaten Sanggau. Data tersebut ia peroleh dari release resmi peringatan dini cuaca yang disampaikan BMKG per 30 Agustus 2022.

“Kita lihat hujan hari ini hampir merata terjadi di wilayah Kalimanrtan Barat, termasuk di Sanggau,” kata Kristian Hendro kepada wartawan, Selasa 30 Agustus 2022.

Dengan kondisi hujan seperti ini, Hendro mengungkapkan bahwa wilayah Sanggau berpotensi terjadinya banjir. Hal itu dikarenakan wilayah perhuluan juga terjadi hujan yang cukup deras.

“Beberapa hari lalu kita saksikan Kapuas Hulu, kemudian Melawi dan disusul kemarin itu Singkawang. Hari ini kami mendaparkan kabar beberapa Kecamatan di Landak juga banjir,” ungkap dia.

Meski belum terjadi banjir, Hendro mengingatkan warga Sanggau untuk tetap waspada, sebab bencana alam bukan hanya datang dari banjir tapi juga bisa tanah longsor dan puting beliung.

“Dari pantauan kami belum ada Kades atau Camat yang melaporkan kalau di wilayahnya ada yang terkena bencana, termasuk bencana banjir,” pungkas Hendro.

Laporan: Adi Noyan

error: Content is protected !!