banner 728x250
Berita  

Lantik Pengurus Forikan Kabupaten Sekadau, Ini Kata Bupati Aron

Sekadau, seputarkapuas.id – Bupati Sekadau, Aron,SH melantik seluruh Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) kabupaten Sekadau masa jabatan 2022-2026 di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Nanga Taman, Kamis (1/9/2022).

Pelantikan tersebut dibarengi oleh Penandatanganan Surat Keputusan (SK) bupati tentang kepengurusan see Forikan yang diketuai oleh Ny.Magdalena Susilawati Aron.dan ketua harian dijabat oleh Sandae yang juga Kadis DKPP.

Dalam arahannya bupati meminta agar semua pengurus yang sudah dilantik hari ini, untuk terus menerus melakukan kampanye kepada masyarakat melalui sekolah maupun secara langsung untuk mengkonsumsi ikan, karena prosentasenya warga Sekadar yang mengkonsumsi ikan masih rendah.

Lagi pula lanjut dia, mengkonsumsi ikan bagi ibu hamil dan Balita tentu dapat mengurangi Stunting bagi anak-anak, hanya saja ketika hamil sudah mulai mengkonsumsi ikan, karena ikan mengandung vitamin dan kalsium tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan Balita.

Selain itu kata dia lagi,banyak hal baik bagi tubuh jika sering mengkonsumsi ikan, misalnya makan ikan dapat mengurangi tekanan darah, mengkonsumsi ikan juga dapat memperbaiki dinding lambung, makanya ajak masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan.

“Ayo kita konsumsi Ikan, karena banyak zat positif untuk tubuh ketika kita lebih banyak mengkonsumsi Ikan,”.ajak Aron.

Di kabupaten Sekadau saat ini jumlah Ikan yang ada untuk menampung kebutuhan masyarakat kabupaten Sekadau akan kebutuhan konsumsi Ikan sangat cukup.

Lagi pula, untuk membudidaya ikan sangat mudah bisa di pelihara melalui kolam, bisa juga dengan Keramba.

Kini tugas ketua dan seluruh pengurus Forikan kabupaten Sekadau untuk terus menerus mengkampanyekan kepada masyarakat untuk selalu mengkonsumsi Ikan demi mengurangi angka Stunting di kabupaten Sekadau.

“Saya minta agar seluruh pengurus Forikan untuk selalu gencar kampanye konsumsi ikan melalui Sekolah dan melalui media lain,”pesan Aron.

Ditempat yang sama kepala dinas Perikanan dan Kelautan provinsi Kalimantan barat yang di wakili oleh Donatus kepala bidang Perikanan
Dalam arahannya mengatakan, karena sudah dilantiknya seluruh pengurus Forikan kabupaten Sekadau, sebagai tugas awal sudah barang tentu tugas utamanya adalah untuk melakukan kampanye kepada masyarakat Sekadau untuk lebih banyak mengkonsumsi Ikan.

“Forikan dalam tugasnya tentu menjadi motivator dan motivasi untuk merubah pola pikir masyarakat untuk mengkonsumsi Ikan,” sarannya.

Sementara itu ketua umum Forikan kabupaten Sekadau, Ny. Magdalena Susilawati Aron, SP dalam paparannya mengatakan, bahwa sebanyak 32 orang pengurus Forikan kabupaten Sekadau memiliki tugas berat, yakni merubah pola pikir masyarakat untuk terus mengkonsumsi ikan.

Selain itu, tugas kita kedepan adalah mengolah Ikan menjadi makanan yang digemari masyarakat, serta meningkatkan pengetahuan tentang gizi Ikan kepada masyarakat.

“Para pengurus Forikan di kabupaten Sekadau harus menjadi pelopor terdepan untuk merubahnya pola pikir masyarakat untuk mengkonsumsi ikan,” ucapnya.

Semenjak itu Sandae ketua harian Forikan kabupaten Sekadau sekaligus ketua panitia pelaksana dalam sambutannya mengatakan, bahwa Forikan sebuah organisasi Nasional yang harus dibentuk di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Salah satu tujuan dibentuk Forikan di setiap kabupaten/kota untuk meningkatkan konsumsi ikan di kantor masing-masing termasuklah di kabupaten Sekadau.

“Jadi tugas utama Forikan adalah sebagai penggerak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi Ikan,”tutupnya.

Laporan ; Suryadi

error: Content is protected !!