banner 728x250
Berita  

600 Personel Gabungan Amankan Pentahbisan Uskup Keuskupan Sanggau

banner 120x600
banner 468x60

SANGGAU seputarkapuas.id
Untuk memastikan keamanan dalam pelaksanaan pentahbisan Uskup Keuskupan Sanggau, Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan didampingi Dandim 1204/Sanggau, Letkol inf Bayu Yudha Pratama menyebut sebanyak 600 personel gabungan akan dikerahkan untuk pengamanan pentahbisan Uskup Keuskupan Sanggau terpilih yang dilaksanakan di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Sanggau, Kalbar pada 11 November 2022.

“Dari Polri kita ada 350 personel, terdiri dari personil Polres Sanggau dan personel BKO dari Brimob dan Direktorat Pam obvit Polda Kalbar, kemudian dari Kodim 1204/Sanggau juga menurunkan sekitar 200 personel, dan kita juga dibantu dari rekan-rekan Ormas di Sanggau yang ikut bersama kami untuk melaksanakan pengamanan kegiatan ini,”katanya usai Gladi bersih pengamanan pentahbisan Uskup Keuskupan Sanggau terpilih di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Sanggau, Kalbar, Rabu 9 November 2022.

banner 336x280

Sebelumnya pada pagi hari dilaksanakan apel pengamanan di depan Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, dan dihadiri Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan dan Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Bayu Yudha Pratama.

Terkait fokus pengamanan lanjut Kapolres, selain di lingkungan Gereja Katedral, juga dilakukan pengamanan di tempat-tempat penginapan yang digunakan tamu VVIP maupun tamu VIP yang bermalam untuk menghadiri acara pentahbisan Uskup.

Selain itu, pihaknya juga sudah melaksanakan tactical floor game (TFG) untuk lebih memperjelas peranan anggota di lapangan. Dan sudah dibagi per pleton per chak point yang akan diamankan oleh anggota.

“Sehingga dengan kegiatan TFG ini, paham dia bertugas mengamankan dilokasi mana, kemudian dia harus berbuat apa dan bertanggungjawab kepada siapa,”ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas pada saat pelaksanaan hari H pentahbisan Uskup, yaitu arus lalu lintas dari Pontianak menuju Sekadau akan dialihkan ke jalan Bujang Malaka (Samping SPBU Bunut) menuju ke arah Sanggau Permai dan menuju lampu merah di Jalan Ahmad Yani (simpang Sanggau Permai).

“Kemudian dari arah Sekadau menuju Pontianak tetap melewati jalur utama. Harapan kami dengan rekayasa arus lalu lintas seperti ini, arus lalu linta didepan Gereja Katedral Sanggau pada saat pentahbisan berjalan normal seperti biasa,”pungkasnya.

Seperti diketahui Uskup Keuskupan Sanggau terpilih, Mgr Valentinus Saeng CP akan di tahbis oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo (penahbis utama), Kardinal Ignatius Suharyo (penahbis pendamping 1) dan Mgr Giulio Mencuccini CP (penahbis pendamping 2) di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Sanggau, Kalbar pada 11 November 2022.

Laporan: Adi Noyan

banner 336x280
error: Content is protected !!