banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Uskup Keuskupan Sanggau Launching Salib IYD Gereja Katedral Hati Kudus Yesus

SANGGAU seputarkapuas.id
Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Valentinus Saeng CP melaunching salib Indonesia Youth Day (IYD) tahun 2023 yang akan dilaksanakan di Palembang. Misa launching salib IYD dilaksanakan di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa 7 Maret 2023 malam.

Rangkaian kegiatan dilaksanakan dari tanggal 7 hingga tanggal 8 Maret 2023. Sebanyak 45 orang muda katolik (OMK) dari perwakilan masing-masing paroki di Keuskupan Sanggau akan mengikuti kegiatan IYD di Palembang.

“Kami berharap para peserta yang datang kesini sungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk mengikuti semua proses yang sedang disiapkan oleh tim, agar ketika mereka berangkat ke Palembang, mereka dapat sungguh-sungguh serius mengikuti semua kegiatan,”kata Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Valentinus Saeng CP, Rabu 8 Maret 2023.

Sehingga lanjut Uskup, suatu ketika mereka kembali ke Keuskupan, paroki-paroki, dan stasi-stasi dimana mereka tinggal, mereka sungguh-sungguh dapat menjadi penggerak, menjadi motivator, menjadi penyemangat bagi kaum muda yang ada disana.

“Dengan demikian kita berharap perhatian gereja untuk kaum muda terus berlanjut, karena mereka adalah masa depan gereja,”tuturnya.

Kemudian, pada saat yang sama kaum muda sendiri menemukan wadah dimana mereka dapat mewujudnyatakan semua kreatifitas yang ada pada mereka untuk perkembangan mereka sendiri maupun juga untuk perkembangan gereja katolik.

Uskup Valentinus Saeng juga menjelaskan apa itu IYD. IYD adalah pertemuan agung atau pertemuan raksasa yang melibatkan kaum muda katolik Indonesia, yang dulu pertama-tama diadakan di Sanggau.

“Sesungguhnya pertemuan ini adalah bentuk kepedulian gereja dan para pemimpinnya terhadap kehidupan kaum muda. Dan hal ini dirintis oleh Paus Yohanes Paulus II,”ujarnya.

Laporan: Adi Noyan