banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

DKPTPHP Kabupaten Sanggau: CBD Sanggau Tersedia 140 Ton

SANGGAU seputarkapuas.id
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau, Kubin mengatakan bahwa Pemkab Sanggau melalui DKPTPH menyediakan cadangan beras daerah (CBD). Cadangan beras itu diperuntukkan jika lahan pertanian petani mengalami fuso.

“Misalnya kalau terjadi banjir yang luar biasa yang menyebabkan kerusakan tanaman padi diharapkan agar segera melapor kepada kita. Pemkab Sanggau juga sudah menyediakan yang namanya cadangan beras daerah, jika lahan petani terjadi Fuso,”katanya, Rabu 29 November 2023.

Mekanismenya, lahan yang mengalami Fuso akan diukur dan dinilai, maka kewajiban Pemda Sanggau untuk membantu petani tersebut dengan beras cadangan daerah.

“Sampai hari ini cadangan beras daerah terpenuhi 100 persen dari target yang ada. Saat ini ada 140 ton, tahun depan ada lagi pengadaan sehingga kita bisa 180 ton,”jelasnya.

Cadangan beras daerah ini lanjutnya, tak harus di pakai setiap tahun. Tapi ketika terjadi fuso, maka cadangan beras itu yang digunakan untuk membantu petani.

“Dalam surat keputusan bupati ada tertera kriteria-kriteria nya, misalnya kalau terjadi fuso sekian luas maka dibantu sekian,”ujarnya.