banner 728x250
Berita  

Hadiri Pengukuhan Temenggung Panco Bunuo Kelompu, Ini Pesan Wabup Ontot

SANGGAU seputarkapuas.id
Wakil Bupati Sanggau sekaligus Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Sanggau, Yohanes Ontot didampingi Sekjen DAD Urbanus menghadiri pengukuhan dan pelantikan Temenggung Panco Bunuo di Desa Kelompu, Kecamatan Kembayan, Sanggau 19/9/2023.

Dalam sambutannya, Wabup Ontot meminta agar temenggung yang baru saja dilantik menjadi orang tengah dan penengah dalam situasi apapun, terutama permasalahan masyarakat adat dalam lingkup wilayah ketemenggungan panco bunuo, Desa Kelompu, Kecamatan Kembayan.

“Pertama, selamat dan sukses dulu buat temenggung yang baru saja dilantik, pesan saya temenggung ini harus menjadi penengah dalam situasi apapun,”Kata Yohanes Ontot.

Ia menambahkan, Nantinya seorang temenggung harus mampu membawa masyarakat Adat hidup dalam keberagaman, membaur dengan suku-suku lain yang ada diwilayahnya.

“Kedepan tentu tantangannya, tadi sudah saya ingatkan, dia bukan suku yang ekslusif tapi kita menjadi suku yang mampu mengayomi, menuntun, menjaga dan melindungi masyarakat,” Papar Ontot.

Dengan dilantik dan dikukuhkannya Temenggung Panco Bunuo Aloysius Simbolon diharapkan kedepan masyarakat Adat di desa kelompu semakin maju, berwibawa serta semakin kompak.

Laporan: Suhardi