banner 728x250
Berita  

Kasus DBD Meningkat, Dinkes Melalui Puskesmas Lakukan Fogging

SANGGAU seputarkapuas.id
Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau melalui beberapa puskesmas di Kabupaten Sanggau melakukan kegiatan fogging fokus di beberapa titik. Seperti yang dilakukan Puskesmas Sanggau yang melakukan fogging dibeberapa titik yang ada kasus demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Puskesmas Sanggau dr Yuliana Yuli Exlasia mengatakan bahwa fogging fokus ini dilaksanakan tim dari Puskesmas Sanggau yang terdiri dari tenaga sanitarian, tenaga promkes, tenaga surveilans serta instansi terkait lainnya.

“Jadi beberapa waktu lalu kita juga telah melaksanakan fogging di beberapa wilayah di Kecamatan Kapuas,” katanya, Rabu 8 November 2023.

Selain melakukan fogging fokus, pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat berupa penyuluhan tentang pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Lanjutnya, pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan 3M plus yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air dan mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembangbiak nyamuk aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia, plus mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk.

“Selain fogging dilakukan edukasi juga tentang PSN, penyelidikan epidemiologi dan inspeksi kesehatan lingkungan sekolah serta pembagian abate. Dan melalui 3M Plus ini lah merupakan cara yang paling efektif dalam pencegahan demam berdarah,” pungkasnya.