banner 728x250
Berita  

Sanggau Kekurangan Stok Sayur, Kubin; Kita Masih Bergantung Dari Luar

SANGGAU seputarkapuas.id
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten SanggauKubin mengatakan bahwa semua jenis sayuran di pasar di Kabupaten Sanggau, sebagian masih didatangkan dari luar Kabupaten Sanggau.

“Terutama bawang putih dan merah ini masih dari Jawa. Kalau cabai, sebetulnya di Sanggau sudah ada produksi sendiri. Tapi dikumpulkan di Sosok, Kecamatan Tayan Hulu. Oleh pengumpul disana, karena mereka punya jaringan pemasaran di Pasar di Pontianak. Ketika ada suatu Kabupaten yang memerlukan jumlah cabai yang banyak maka disebarkan disana dalam waktu cepat,” katanya, Selasa 26 September 2023.

Begitu juga sebaliknya, jika di Sanggau ini kekurangan bahan pangan sayuran, maka juga akan cepat untuk distribusikan ke Sanggau.

“Dominan sayur masih didatangkan dari luar Sanggau, baik dari Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Bengkayang dan dari Singkawang. Selain sayuran, juga termasuk produk-produk perikanan, terutama hasil ikan laut,” jelasnya.

Pihaknya lanjut Kubin, juga mendata melalui penyuluh pertanian, dalam rangka mengisi data statistik hortikultura. Dari data itu, ada enam Kecamatan yang sudah mampu memenuhi ketersediaan sayur setengah dari kebutuhan mereka.

“Artinya setengahnya tetap didatangkan dari luar Kecamatan itu, misalnya Kecamatan Kapuas di luar kota Sanggau mereka tetap ada produksi sayur lokal mereka. Dan sudah bisa memenuhi kebutuhan domestik mereka, tapi belum bisa memenuhi kebutuhan Kota Sanggau secara keseluruhan,” jelasnya.

Untuk itu, Kubin Menghimbau Agar Masyarakat kabupaten Sanggau lebih giat lagi menanam sayur mayur terutama memanfaatkan lahan pekarangan yang masih tersisa untuk bertanam sayuran.

Laporan: Suhardi