banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

Di Sanggau 377 Orang Terkena DBD,13 Orang Diantaranya Meninggal Dunia

SANGGAU seputatkapuas.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupatn Sanggau selaku Satgas pengendalian DBD merilis perkembangan data terbaru kejadian luar biasa demam berdarah dengue (KLB DBD) di Kabupaten Sanggau per 30 November 2023. Dari data yang ada saat ini penderita DBD tercatat 377 orang dan 13 orang diantaranya meninggal dunia.

“Itu perkembangan angka kasus terbarunya hari ini (Kamis,red). Kami terus berupaya menekan angka DBD ini. Kami sudah melakukan fogging dengan melibatkan dinas terkait dan TNI serta Polri, termasuk juga melibatkan Kejaksaan Negeri Sanggau,” ungkapnya Kamis {30/11) malam.

“Kami juga sudah membagikan bubuk abate. Bersama dengan dinas terkait juga sudah turun langsung membersihkan lingkungan melakukan 3 M plus di sejumlah lokasi rawan perkembangbiakan nyamuk DBD. Artinya kita sudah maksimal,” sambungnya.

Menurutnya, gerakan menekan kasus DBD juga dilakukan oleh petugas hingga tingkat kecamatan dan desa. Peran aktif masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui 3 M plus menjadi kunci penting dan utama menangani persoalan DBD ini.

“Semuanya bergerak, namun yang bergerak selama ini mayoritas aparat pemerintah, mestinya masyarakat juga harus berperan aktif. Minimal dengan aktif membersihkan lingkungannya masing-masing. Nah, inilah tugas kita mengajak masyarakat. Mari sama-sama kita menjaga lingkungan kita jangan sampai jadi sarang nyamuk,” jelasnya.

Budi berharap kasus DBD segera dapat berhenti dengan semua upaya yang telah dilakukan sehingga tidak ada kembali korban jiwa.