banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

Dampingi PJ Gubernur Kalbar Panen Cabai, Ini Yg Disampaikan Kubin

SANGGAU seputarkapuas.id
Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson bersama Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Windy Prihastari 
melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sanggau dengan mengikuti panen Cabai rawit di Desa Menyabo, Kecamatan Tayan Hulu, Rabu 6 Desember 2023 siang.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur, dan rombongan memanen langsung Cabai rawit bersama anggota Kelompok tani (Poktan) setempat. Orang nomor satu diKalbar itu melihat, potensi pertanian didesa menyabo sangat baik. Sehingga cabainya tumbuh dengan subur dan masyarakat tertarik untuk menanamnya.

“Jadi kita sekarang di Desa Menyabo, saya memanen Cabai rawit, di sini ada lima hektare (total kebun Cabai),” ungkap Harisson ke wartawan. 

Harissong menyebut, gerakan menanam cabai saat ini bisa menekan inflasi sekaligus membantu perekonomian masyarakat.
“Sekaligus bisa mensejahterakan masyarakat (petani). Ini yang mau digalakkan lagi, agar masyarakat terus menanam Cabai,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan pangan tanaman pangan dan hortikultura kabupaten Sanggau melaporkan bahwa dalam satu hektare lahan di sana(Desa Menyabo) terdapat sekitar enam ribu pohon Cabai. Sementara produksinya, per hektare bisa menghasilkan sekitar tiga ton Cabai. Dengan waktu panen dua kali dalam seminggu, artinya dalam seminggu ada enam ton Cabai yang dihasilkan. 

“Sebagai laporan, dapat kami sampaikan hasil panen di sini ada yang dikirim ke (kota) Sanggau untuk kebutuhan masyarakat Sanggau, ada yang ke Pontianak. Ini yang kami harapkan dari masyarakat (poktan) ada menanam Cabai untuk memunuhi kebutuhan di Sanggau,” katanya.