banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Antisipasi Musim Kurang Hujan, DKPTPHP Sanggau Bersama Penyuluh Lapangan Atur Pola Tanam

SANGGAU seputarkapuas.id
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau Kubin mengatakan bahwa musim kurang hujan saat ini, belum terlalu berpengaruh signifikan terhadap hasil pertanian padi di Kabupaten Sanggau.

“Perkiraan kami untuk fuso atau tidak fuso kita masih aman, makanya kami dengan teman-teman penyuluh lapangan tetap mengatur pola tanam dalam rangka mengantisipasi musim kurang hujan,”katanya, Minggu 27 Agustus 2023.

Dengan harapan lanjut Kubin, ketika memasuki musim kurang hujan, para petani sudah panen. Dan sampai hari ini masih termasuk aman.

“Walaupun tetap berpengaruh, tapi mudah-mudahan tidak terlalu besar artinya tidak berpengaruh sampai penurunan 50 persen produksi pangan,”jelasnya.

Kubin menambahkan, di Kabupaten Sanggau sama juga seperti daerah lain masuk ke musim kurang hujan atau el nino.

“Puncak kurang hujan menurut BMKG sekitar Agustus, September dan Oktober tahun 2023. Tetap ada hujan, hanya kurang hujan kalau dibanding Januari Februari Maret April,”ujarnya.

Saat ini juga, ada kelompok tani yang melaksanakan panen padi hingga September dan ada juga kelompok tani yang persiapan tanam kembali.

Laporan: Suhardi